Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor susah starter, Tapi Diengkol Nyala Ini sebabnya!

Motor susah starter, Tapi Diengkol Nyala Ini sebabnya!

Keberadaan elektrik starter pada motor memang penting banget nih. Apalagi kalau kita terburu-buru buat menghidupkan motor, tekan tombol start bisa langsung cusss.

Beberapa hari ini admin kedatangan dua pengguna motor matic yaitu fino dan beat Fi non ACG mengalami susah starter. Jadi ketika tombol starter ditekan starter seolah normal termasuk aki juga bagus, tapi motor tidak mau nyala. Sedangkan kalau di engkol melalui kick starter, 2-3 kali engkol motor bisa nyala. Pas di tes juga jalannya normal.

Kira-kira apa kendalanya ya?

Kebetulan saja, kedua motor diatas mengalami kendala yang sama dan setelah di cek kerusakan komponen yang rusaknya juga sama hanya di satu komponen. Komponen yang dimaksud adalah busi yang sudah lemah sob.

Busi yang lemah bisa membuat mesin motor sulit hidup, menurut admin sih karena putaran mesin yang mengandalkan elektrik starter kurang kuat jika dibanding engkol, yang membuat api yang masuk ke busi lebih kecil sehingga motor susah hidup. Beda dengan engkol yang memberikan putaran mesin lebih kuat sehingga api sedikit besar di busi yang lemah tersebut.

Setelah memakai busi baru, admin sempat bedakan nih keluaran api dari busi lama dibanding busi baru. Yaitu dengan melepas busi, lalu dimasukan di cop busi kemudian menstarter motor, maka percikan api keluar dari busi. Setelah di cek api dari busi baru terlihat lebih bagus dan besar, meskipun busi lama juga masih memercikan api yang lebih kecil. Akhirnya setelah memakai busi baru, masalah susah hidup di motor langsung teratasi.

Walaupun begitu, tidak semua permasalahan seperti ini disebabkan oleh busi, karena komponen yang terkait dengan starter atau elektik starter itu lumayan banyak. Misalnya, kendala seperti ini juga berlaku untuk arang starer atau kul starter aus, dan gejalanya juga mirip. Tapi karena letaknya arang starter yang berada di dalam dinamo starter biasanya saya cek belakangan, dan kebetulan pengecekan busi yang pertama dikerjakan.

Selain itu itu pada motor matic permasalahan juga kerap ditemui di cop busi atau tutup busi berkarat. Permasalahan lainnya yang pernah ditemui adalah efek piston yang sudh diupgrade, setiing klep terlalu kencang, dll. Intinya pastikan selalu mengecek semua kemungkinan yang menjadi penyebab motor susah starter, terutama pada komponen-komponen yang terkait. Semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Motor susah starter, Tapi Diengkol Nyala Ini sebabnya!"