Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Honda win reborn Versi Barunya meluncur dengan tampilan semakin menarik Di philipina

Honda win reborn Versi Barunya meluncur dengan tampilan semakin menarik Di philipina
honda TMX 125

Motor dengan desain klasik tidak selalu dianggap ketinggalan zaman,yang berujung berhenti diproduksi. Buktinya, motor dengan desain legendaris di indonesia ini.

Sekilas tampilannya sangat mirip dengan motor honda tahun 2000an ke bawah, yaitu honda win. Mulai dari model rangka, tangki, fascia depan seperti lampu dan spakbor, model jok, behl, hingga lampu belakang kotak yang khas.

Bagi anda pecinta motor klasik pasti tak asing dengan nama honda win, tapi bagi yang baru mendengar namanya, sedikit admin bahas mengenai motor yang identik dengan sebutan belalang ini.

Kehadiran honda win, dimulai sekitar tahun 1984 dengan desain yang juga aneh kala itu, karena umumnya desain motor sport pada zaman itu masih membulat sedangkan honda win memiliki tampilan serba kotak, mulai dari rangka, aksesoris lampu, tank, sampai jok. Pada 1985, generasi honda win kedua meluncur dengan sedikit ubahan pada model lampu depan agak sedikit besar. Selanjutnya, honda win ditambah namanya jadi win 100. Desain win generasi kedua ini bertahan hingga win berhenti diproduksi sekitar tahun 2004.

Adapun win yang dibahas kali ini adalah honda TMX 125 Alpha yang masih diproduksi di pilipina. Meksipun tampilan memiliki kemiripan dengan honda win, tapi spesifikasinya sedikit berbeda. TMX 125 ini dibekali mesin yang lebih besar, yakni 125CC. Selain itu, model mesin juga dibuat naik atau vertikal. Sedangkan honda win dulu mesinnya masih model tidur aliashorizontal yang lurus ke depan mirip motor bebek, serta hanya berkubikasi 100CC.

Selain mesin, perbedaan kentara lainnya adalah model knalpot, dimana win dulu punya knalpot khas logam yang panjang tanpa cover, sedangkan TMX 125 model knalpotnya sudah dibuat dengan kesan modern dan dengan cover. Model speedometer juga berbeda, dimana tampilannya sudah membulat dengan 2 panel informasi, sedangkan dulu hanya satu panel dan seluruhnya berbentuk kotak, tapi masih sama-sama analog.


Namun yang unik, meski sudah memasuki 2024, honda TMX 125 masih mengandalkan pengereman tipe tromol di roda depan dan belakangnya.

Untuk spesifikasi lengkapnya, honda TMX 125 dibekali mesin 125CC, 4 tak, OHV, berpendingin udara. Sistem pengabutannya masih mengandalkan tipe karburator, dengan pengapian CDI. Gigi transmisinya dibekali 5 percepatan dengan sistem kopling manual.

Mengenai kapasitas tangki, cukup muat banyak yang mencapai 8,6 liter. Bagian roda, honda TMX 125 masih mempertahankan velg ring 18 di kedua rodanya, dengan ukuran ban depan 2.50 dan ban belakang, 275. Berat keseluruhan motor ini adalah 113 kg, dengan dimensi panjang, lebar, dan tinggi, masing-masing 1904mm, 754mm, dan 1026mm. Tinggi tempat duduk 759mm, dan jarak terendah ke tanah 156mm.

Soal harga, TMX 125 alpha di pilipina dijual dengan harga setara Rp15900000.

Bagaimana menurutmu?

 

Posting Komentar untuk "Honda win reborn Versi Barunya meluncur dengan tampilan semakin menarik Di philipina"