Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Klep pada Mesin Sepeda Motor

 Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan mengenai komponen-komponen sistem pembakaran pada mesin sepeda motor. Salah satu komponen pentingnya adalah klep, atau katup, alias valve. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu klep, bagaimana fungsinya, serta bagian-bagian apa saja yang terdapat pada klep? Tentunya dengan segala keterbatasan saya akan coba jelaskan pada uraian di bawah.

Gambar klep

 Klep adalah komponen mesin yang terletak di kepala silinder ata head mesin sepeda motor, dan berfungsi untuk mengatur aliran gas (campuran bahan bakar dan udara) masuk setelah proses pengabutan bahan bakar, dan keluar dari ruang bakar menuju knalpot. Klep pada mesin sepeda motor terdiri dari dua jenis, yaitu klep intake dan klep exhaust. Klep intake berfungsi untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar, sedangkan klep exhaust berfungsi untuk mengeluarkan gas buang dari ruang bakar.

 Pada beberapa sepeda motor, jumlah klep berbeda-beda, meskipun perannya sama yakni hanya sebagai klep intake dan klep exhaust. Misalnya pada kebanyakan sepeda motor kecil seperti motor matic honda beat, yamaha mio, dsb dibekali 2 klep saja, sedangkan pada motor-motor sport, atau motor bebek dan matic dengan kubikasi lebih besar, seperti jupiter mx, yamaha aerox, satria F dan sebagainya memiliki 4 klep, dimana 2 klep berperan sebagai intake, dan 2 klep sebagai exaust. Masing-masing klep akan bergerak secara paralel.

Bagian-bagian Klep

 Jika dilihat dari bentuknya, klep merupakan komponen berbentuk seperti paku payung, diamana bagian batangnya panjang dan kecil, sedangkan bagian atasnya bulat besar. Bagian batang berguna sebagai penghubung antara payung klep dengan komponen lain seperti head dan dudukan, sedangkan ujung batang berperan sebagai penghubung dengan pelatuk klep atau noken as (camshaf). Payung klep, merupakan bagian utama yang berfungsi untuk menutup secara rapat agar tidak ada ruang ketika proses pembakaran terjadi, dan akan terbuka ketika waktunya tiba untuk memasukan campuran bahan bakar dan udara, serta membuang gas sisa pembakaran. Proses ini didukung oleh per atau pegas, serta komponen lain yang sudah disebutkan diatas.

batang klep

batang klep

batang klep

Klep terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:

  • Batang klep Batang klep berfungsi untuk menghubungkan antara dudukan klep dengan katub.
  • Penutup klep Penutup klep berfungsi untuk menutup saluran masuk atau keluar dari ruang bakar.
  • Pegas klep Pegas klep berfungsi untuk menutup klep dengan rapat saat tidak ada tekanan dari camshaft.

Cara Kerja Klep

Klep bekerja dengan membuka dan menutup saluran masuk atau keluar dari ruang bakar sesuai dengan langkah piston, ketika proses pembakaran di dalam silinder berlangsung.

  • Pembukaan klep Pembukaan klep terjadi saat camshaft menekan batang klep.
  • Penutupan klep Penutupan klep terjadi saat pegas klep mendorong batang klep kembali ke posisi semula.
 Seperti yang telah disebutkan, klep terdiri dari klep in, dan out. Pada saat pembukaan klep, salah satu akan terbuka, misalnya klep atas terbuka, karena ujung klep akan terdorong oleh pelatuk yang digerakan noken as membuat klep maju, sehingga saluran intake terbuka yang memasukan bahan bakar dan udara, dan ketika noken as berhenti mendorong pelatuk, maka klep akan kembali ke posisi awal berkat bantuan pegas atau per klep. Pada waktu yang berlainan, klep out yang terdorong akan membuat saluran menuju knalpot terbuka yang akan membuang gas sisa pembakaran. Sementara posisi piston akan berada di luar jangkaun klep ketika salah satu klep bergerak. Ini berkat perhitungan titik piston dan noken as yang disesuaikan.
head sepeda motor bebek

Perawatan Klep

 Sebagai salah satu komponen mesin, dan komponen penting dalam sistem pembakaran, klep biasanya perlu dilakukan perawatan secara rutin. Kerenggangan kelep perlu diatur dengan sesuai agar performa motor tetap optimal. Seperti diketahui, klep yang terlalu renggang atau longgar, bisa membuat suara mesin berisik, sementara jika terlalu rekat bisa membuat payung klep tidak dapat menutup dengan sempurna dan mengganggu kompresi serta proses pembakaran, yang biasanya akan membuat motor kurang bertenenaga, hingga gagal kompressi.

Klep perlu dirawat secara rutin untuk menjaga performa mesin sepeda motor. Perawatan klep meliputi:

  • Setel klep Setel klep adalah proses penyesuaian celah antara batang klep dengan dudukan klep. Celah klep yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat menyebabkan performa mesin menurun atau bahkan kerusakan mesin.
  • Ganti klep Klep perlu diganti jika sudah aus atau rusak. Klep yang aus atau rusak dapat menyebabkan kebocoran gas atau suara mesin yang tidak normal.
  • Skur klep/skir klep harus dilakukan ketika payung klep sudah tidak menutup dengan sempurna, atau setelah dilakukan penggantian klep baru.

Pentingnya Perawatan Klep

Klep merupakan komponen penting pada mesin sepeda motor. Perawatan klep yang tepat dapat menjaga performa mesin sepeda motor dan mengurangi risiko kerusakan.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat klep sepeda motor:

  • Lakukan pengecekan dan penyetelan klep secara rutin Klep perlu dicek dan disetel setiap 10.000-15.000 kilometer.
  • Gunakan oli mesin berkualitas Oli mesin yang berkualitas dapat membantu melindungi klep dari keausan.
  • Hindari penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah Bahan bakar yang berkualitas rendah dapat menyebabkan klep cepat aus.

Dengan melakukan perawatan klep yang tepat, Anda dapat menjaga performa mesin sepeda motor Anda tetap prima dan mengurangi risiko kerusakan mesin.

Posting Komentar untuk "Mengenal Klep pada Mesin Sepeda Motor"