Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Motor Injeksi Honda Secara Manual-Ate Breaker

 Berbeda dengan motor jenis pengabutan karburator, motor injeksi atau Fi memiliki perangkat elektronik dengan teknologi lebih moderen seperti ECU di yamaha atau ECM di motor honda. ECM adalah kepanjangan dari electronic control module, dimana hampir semua kinerja komponen motor ini datanya direkam dan diatur oleh ECM tersebut. Contoh kecilnya, seperti kebutuhan bahan bakar saat motor stationer dan saat motor di gas dalam RPM tinggi tentu kebutuhan bahan bakarnya berbeda, maka ECM akan mengaturnya dengan tepat sehingga bahan bakar yang digunakan akan lebih efisien di banding model konvensional seperti karburator.
SCS Konektor Riset injeksi honda
 ECm ini bekerja berdasarkan laporan data yang diterima dan dikirim oleh sensor-sensor yang terpasang pada beberapa bagian motor. Terdapat banyak sensor di motor injeksi, seperti yang berhubungan dengan bahan bakar misalnya sensor injektor, fuelpump, O2,TP, juga yang terkait dengan mesin seperti EOT (engine oil temperature), hingga sensor untuk mengukur kecepatan. Selain itu, ECM juga berperan melaporkan masalah ketika terjadi kerusakan pada berbagai sensor, dengan cara mengirim kode kerusakan pada lampu mil yang terletak pada speedometer. Riwayat kerusakan dan data-data tersebut tersimpan pada ECM.
contoh kedipan mil indikator
lampu indikator mil


 Nah sobat begitu pentingnya peran ECM pada motor injeksi dan banyak nya tugas dari komponen ini, membuatnya rentan terkena masalah. Walaupun begitu ECM biasanya termasuk pada komponen yang cukup panjang usia pakainya, dan cukup jarang diganti dalam hitungan tahun-tahun awal. Tetapi komponen ini memang perlu mendapat perhatian khusus salah satunya adalah servis dengan cara reset.
 Istilah reset tentu saja tidak asing bagi perangkat elektronik, termasuk pada perangkat elektrik honda seperti ECM ini. Reset sederhanya berarti mengembalikan ke setelan awal atau setelan pabrik, dengan menghapus semua riwayat data yang disimpan ECM. Jadi, selama motor dipakai tentunya ECM menerima dan menyimpan banyak data.
 Lalu apa keuntungan reset pada ECm motor injeksi?
 Tentunya untuk mengurangi beban kerja ECM, contoh kecilnya saja ketika perangkat hp android penuh dengan data membuatnya lemot saat digunakan bukan? begitupula dengan ECM.
 Berberapa masalah yang ditimbulkan oleh ECM yang perlu direset misalnya seperti stationer tak rata, ngempos, susah hidup, hingga brebet. Sebenarnya reset ECM akan lebih baik jika dilakukan dengan reset lainnya yang nanti akan dijelaskan di bawah.

 Berbeda dengan mereset ECM yamaha yang memerlukan tools khusus, untuk mereset ECM honda  bisa dilakukan tanpa alat khusus dan terbilang mudah. Yang perlu sobat siapkan, cukup 1 alat yakni DLC konektor atau SCS konektor, harganya di marketplace sekitar 10 ribuan, dan siapkan 1 kawat tembaga berukuran 5cm. Jika tidak punya DLC/scs konektor, anda cukup siapkan 2 buah kawat tembaga saja yang akan digunakan sebagai kabel jumper.
SCS konektor
DLC konektor/SCS


Cara Reset Motor Honda
Pertama, silahkan cari konektor reset atau DLC konektor motor honda terlebih dahulu biasanya berwarna merah seperti digambar. Untuk beat FI satrter kasar, terletak di balik cover head mesin bagian kanan, sedangkan di motor beat FI ESP dan motor matic honda 2015 ke atas terletak di box aki. Setelah ditemukan lanjut ke cara mereset ECM motor honda.
Letak DLC konektor beat

DLC konektor beat fi




Cara Reser ECM motor Honda
  1. pastikan kunci kontak pada posisi off
  2. masukan SCS konektor pada DLC, jika tidak ada SCS konektor, masukan kawat yang disiapkan tadi pada DLC dengan jalur kabel warna Cokelat dan warna Hijau
  3. putar kontak pada posisi on sampai speedometer menyala dan hitung 3 detik, lalu cabut konektor biarkan 3 detik, lalu pasang lagi SCS/kabel ke DLC dan perhatikan lampu mil pada sepeedometer. Jika lampu mil berkedip cepat tanpa henti reset ECM berhasil dan off kan kunci kontak
    SCS ke DLC konektor

Reset ECM sukses semua data terhapus, sekarang silahkan lanjutkan ke reset TP.

Cara Reset TP
  1. Lepas soket engine oil temperature (EOT) di honda beat dan matik lainnya terletak di head mesin kiri sebalah bawah
  2. Pastikan kontak masih dalam posisi OFF dan DLC konektor masih terhubung dengan SCS atau kabel jumper, lalu perhatikan tahap 3.
  3. Masukan kawat jumper yang sudah disiapkan pada soket sensor EOT, lalu putar kontak pada posisi on, hitung 3/5 detik, lalu cabut kabel jumper pada sensot EOT selama 3 detik, lalu pasang lagi. Kemudian perhatikan lampu mil pada speedometer, akan berkedip cepat off kan kunci kontak.
    Letak sensor EOT
Reser TP berhasil, yang harus dilakukan selanjutnya adalah setting mode.

Ada 3 mode yang bisa anda pilih, yaitu mode 1, 2, dan 3. Tapi saya sarankan sebaiknya gunakan mode 1 saja sesuai pabrikan.

Setting mode 1
  1. Sebelum lakukan setting mode 1 pastikan dahulu kontak masih dalam posisi off, lalu soket EOT sudah di pasang kembali, dan pastikan SCS konektor/kabel jumper masih menempel pada konektor DLC.
  2. Lakukan menarik tuas gas hingga full atau mentok dan tahan, kemudian putar kontak pada posisi on.
  3. Perhatikan lampu mil, jika berkedip cepat segera lepas tuas gas sampai mil berkedip pelan, yang artinya reset mode 1 berhasil.
  4. Putar kunci kontak pada posisi off kembali, lepas SCS konektor dan silahkan tes dengan menghidupkan motor.
Selamat proses reset motor honda anda berhasil. Harap pastikan melakukan reset sesuai urutan dengan cara benar, jika terjadi kendala misalnya motor brebet, silahkan lakukan reset ulang sedari awal. Sesuai janji saya ada 3 mode, dan mungkin sobat ingin mencoba mode 2 dan 3 saya jelaskan caranya sebagai berikut.

 Setting mode 2
  1. Pastikan SCS konektor terpasang kembali di DLC konektor
  2. Tarik penuh tuas gas dan tahan, lalu putar kontak pada posisi on.
  3. setelah mil berkedip cepat lepas tuas gas dan tarik kembali secara penuh dan tahan, kemudian lepas lagi dengan cepat. Jika lampu mil sudah berkedip lambat, artinya seting mode 2 sukses
  4. Matikan kontak pada posisi off, cabut SCS konektor, dan silahkan hidupkan motor
 Setting mode 3

 Nah untuk mode 3, caranya sama dengan mode 1 dan 2, bedanya tuas gas ditarik sebanyak 3 kali saja, jadi anda pasti sudah paham.

Sebagai saran, jika mode 2 dan 3 gagal dan ada perbedaan pada motor, misalnya brebet atau susah hidup, silahkan kembalikan pada mode 1 saja. Dan sebaiknya lakukan perubahan mode dengan kembali melakukan reset dari awal, mulai dari ECM, dan TP sebelum mengubah mode.

Itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Reset Motor Injeksi Honda Secara Manual-Ate Breaker"