Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Habis Jatuh Stang Motor Miring? Ini Cara Atasinya

Stang motor merupakan bagian yang cukup penting untuk keseimbangan sepeda motor saat dikendarai. Bagian yang dipegang oleh tangan ini  jika bermasalah motor bisa oleng dsb sehingga dapat membahayakan pengendara serta mengganggu kenyamanan berkendara.
Stang sebanrnya hanya salah satu komponen dari banyak komponen yang saling terhubung yang memeberi efek terhadap bagian kemudi, beberapa komponen lain seperti riser, segitiga, shock depan hingga ke roda depan. Namun karena stang merupakan satu-satuinya bagian yang menghubngkan motor dengan tangan si pengemudi, maka kerusakan pada salah satu bagian kendali tsb dapat langsung dirasakan, dan seringkali dikatakan stang motor miring dan sebagainya.
Stang Motor Ilustrasi
Stang motor yang miring, biasanya bisa diketahui dengan dua kondisi, pertama jika miring parah bisa langsung terlihat saat motor diam atau tidak dikendarai. Yang kedua jika miring tidak terlalu parah, sulit dilihat saat diam, namun akan sangat terasa ketika dikendarai, misalnya stang terlalu ke kiri atau kekanan.
Pernahkah kamu alami stang motor miring? Apa penyebabnya?

Di postingan kali ini, sayya akan coba share mengenai beberapa penyebab stang motor miring, bagian yang bermasalah, serta cara mengatasinya. Simak terur tulisannnya!

Beberapa penyebab stang motor miring
 Ada beberapa penyebab yang membuat stang motor baling atau miring, namun yang paling sering ditemui dan hampir dialami setiap pemilik motor tersebut ada 2 penyebab, yakni motor jatuh atau terbentur dinding, lobang, dll.

 Dari dua penyebab diatas, kasus stang miring karena jatuh cukup sering ditemui. Nah biasanya miringnya stang akibat jatuh ini tidak terlalu parah terhadap stang, sehingga seringkali stang hanya akan terasa miring saat dikendarai saja. Namun miringnya stang atau parahnya kerusakan yang dapat dirasakan pengendara pada bagian stang ini sangat dipengaruhi kerasnya benturan. Artinya semakin keras benturan yang disebabkan jatuh, menghantam lobang, dinding dsb tersebut, maka semakin besar kemungkinan kemiringan yang dialami oleh stang motor tersebut.

Kerusakan-kerusakan yang menjadi penyebab stang motor miring
 Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, stang hanya sebagai media penghubung antara motor dan pengendara. Maksudnya, selain stang ada beberapa komponen lain di bagian depan yang saling terhubung yang juga bisa mempengaruhi kemuringan pada stang.
Apa saja komponen tersebut?

1. Segitiga (garpu)
 Nah bagian ini seringkali disebut segitiga di motor, dan ada juga yang menyebutnya garpu depan, nama aslinya saya kurang tau nih sobat, wkk! Nama segitiga kemungkinan karena bagian ini memiliki 3 titilk yang akan membentuk segitiga jika masing-masing sudut kita buat garis lurus, ya walaupun bentuk segitiga ini hanya bisa dilihat pada motor jenis bebek atau matic, sedangkan motor sport berbeda. Posisi segitiga sangat simetris dan wajib simetris, maka dari itu komponrn ini menurut saya sangat mempengaruhi kestabilan kemudi.
Segitiga menjadi tiang stir kemudi atau stang pada bagian atasnya, sedangkan pada bagian bawahnya, menjadi dudukan shock depan yang terhubung dengan roda, sementara bagian tengahnya terhubung dengan rangka.
 Segitiga motor merupakan komponen dengan bahan yang kuat dari besi baja tebal, namun karena beben yang dipikulnya sangat besar, yakni menopang roda sekaligus rangka, sehingga bagian ini seringkali rentan akibat benturan yang membuatnya asimetris dan bengkok. Bengkoknya segitiga akan sangat dirasakan langsung saat motor dikendarai, salah satu efeknya adalah stang miring. Namun hal tersebut cukup jarang dialami langsung pada stang yang membuat stang miring, efek paling sering yang dialami segita bengkok adalah kendali atau kemudi jadi berat, oleng, dll.
segitiga dan as shock

2.shock depan
 Peredam kejut, atau seringkali disebut shockbreaker atau shock depan, merupakan bagian yang menjadi penghubung antara roda depan dan segitiga. Shock depa terdiri dari as shock yang merupakan baja atau besi putih bulat dan panjang, bagian ini umumnya berada diatas dan terhubung dengan segitiga, sedangkan model shock depan upside down as shocknya berada di bawah. Bagian lain dari shock dalah rumah as shock depan yang biasanya berbahan krum.
 As shock baja ini seringkali bermasalah saat menerima benturan keras, yang membuatnya bengkok. Efek dari bengkoknya as shock ini bisa membuat stang miring walau jarang juga terjadi kecuali kerusakannya cukup parah. Tetapi kerusakan yang parah pada as shock dan membuat stang miring biasanya dapat langsung terlihat tanpa perlu mengendarai motornya lebih dulu.

3.Stang
 Nah komponen yang paling sering yang membuat stang miring adalah terjadi pada bagian stang itu sendiri. Untuk bisa langsung menyimpulkan kerusakan pada stang tidak terlalu sulit. Pertama, pastikan tidak ada kerusakan berat pada 2 komponen diatas yakni segitiga dan shock, karena kerusakan berat pada dua komponen tersebut bisa dengan mudah terlihat. Setelah yakin, selanjutnya perhatikan kemiringan stang. Perhatikan apakah stang terlalu ke kiri atau ke kanan, atau salah satu ujung stang naik atau turun (terlalu ke atas atau ke bawah). Jika anda kesulitan melihatnya dalam keadaan diam, sebaiknya rasakan dengan mengendarai motor tersebut, sambil perhatikan dan rasakan tangan anda, kemana stang miring atau bengkok tersebut.

Setelah kira-kira menemukan masalahnya, silahkan lanjut membaca ke cara memperbaikinya.

Cara atasi/perbaiki stang motor miring
  Untuk memperbaiki stang miring ke kiri atau ke kanan, atas atau bawah, sobat hanya perlu mengembalikannya pada posisi semula sobat bisa lakukan cara ini.

Stang miring terlalu ke kiri/kanan
Pertama-tama, bongkar dan lepaskan semua cover dan bagian-bagiian stang lain sehingga kamu temukan baut pengunci yang menghubungkan stang dan segitiga, seperti pada gambar:
letak baut pengunci

Selanjutnya, kendorkan baut tapi jangan melepasnya sehingga stang dapat bergeser ke kiri dan ke kanan, sampai ketika anda menggeser stang, roda atau segitiga tidak ikut bergerak.

Setelah baut kendor geser stang ke posisi yang diinginkan, ingat jika stang terlalu ke kiri, maka geser stang sedikit ke kanan dan sebaliknya. Perhatikan posisi tengah roda motor anda dan bagian tengah stang harus simetris.

Jika dirasa sudah lurus, kencangkan kembali baut, dan tes motor apakah stang masih miring? Jika demikian ulangi cara diatas sampai stang benar-benar lurus.

stang miring karena terlalu ke atas atau ke bawah
 Buka atau lepas komponen yang menempel pada ujung stang yang posisinya bergeser tersebut, seperti hanpad, saklar, jalu stang, dll.

Setelah dilepas, angkat atau dorong stang ke atas atau ke bawah, jangan gunakan tangan kosong, sebaiknya pakai pipa besi agar lebih mudah.

lakukan hingga stang terasa bergerak, setelah itu coba kendarai motor anda, serta ulangi cara diatas jika stang masih belum kembali pada posisi sesuai.

namun perlu diingat, cara tersebut perlu feeling yang kuat dan tepat, karena pergeseran stang beberapa milimeter saja dampaknya cukup bisa dirasakan pada kestabilan stang.

Bagaimana jika kerusakan terjadi pada segitiga atau shockbreaker?
Tidak ada cara lain. jika kamu tidak berniat mengganti komponen tersebut, maka segitiga atau shock harus diperbaiki dengan cara dipress. Bawa motor anda ke bengkel yang menyediakan press atau repair segitiga dan shock yang bengkok.

Itu saja informasinya, semoga berguna.

Posting Komentar untuk "Habis Jatuh Stang Motor Miring? Ini Cara Atasinya"