Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Atasi Suara dengung Di Gearbox CVT Motor Matic

 Pengguna motor jenis matic semakin banyak dan mendominasi dibanding motor bebek dan sport. Tak heran jika banyak postingan dalam kategori motor matic atau skutik banyak dicari termasuk di blog ini.


 Bagi sobat pemilik skutik era awal sampai belasan (2010-2019) seperti honda beat series, atau yamaha mio series, pastinya telah melewati berkali-kali ganti sukucadang demi agar skutik sobat tetap nyaman dan enak dipakai.

 Nah salah satu masalah skutik lawas yang sering ditemui baik bermesin honda atau yamaha, yakni suara dengungan yang terdengar pada gearbox, alias blok gigi bagian belakang. Blok ini terletak antara area CVT dan roda belakang, yang seringkali sobat isi dengan oli gear, atau juga dikenal dengan nama oli gardan. Nah gearbox ini juga ada yang menyebutnya gardan.

 Suara tersebut terdengar seperti dengungan yang ciri-cirinya, semakin besar putaran mesin semakin keras pula suaranya, atau semakin di gas semakin dengung. Jika kondisinya tidak terlalu parah, kadang suara hanya terdengar ketika putaran mesin tinggi atau saat gaspol saja. Tapi percaya atau tidak, seiring waktu suara akan semakin keras jika tidak cepat diperbaiki.

 Kira-kira apa ya penyebabnya?

 Sudah saya sebutkan sejak awal, masalahnya terletak pada bagian Gearbox, tapi persisnya adalah pada gigi rasio. Untuk mengatasinya, lanjutkan memabca.

Cara atasi suara dengung pada skutik
  Pertama-tama, tentunya sobat harus membongkar bagian girbok tersebut, jika tidak bongkar bagaimana bisa paham apa yang saya coba sampaikan ini. Tapi jika belum bongkar girbox, setidaknya saya berusaha menyampaikan kepada anda supaya paham.

 Jika bagian gearbox sudah anda bongkar serta melepas bloknya, anda akan menemukan setidaknya 3 komponenn berupa gigi, yakni gigi bagian kanan yang melekat pada as puli. Bagian ini berfungsi untuk menerima putaran mesin melalui CVT. Gigi inilah yang jadi penggerak utama aktifitas pada gearbox.
(kanan ke kiri) Gigi as CVT,Gigi hantar,gigi as roda
Gambar via:motorplus

Selanjutnya, gigi tengah dengan diameter cukup besar, gigi ini berguna untuk menerima sekaligus menghantar putaran dari gigi CVT ke gigi as roda belakang.
Dan ketiga adalah gigi pada as roda, yang akan menerima putaran dari gigi tengah, dan gigi ini melekat pada as roda.

 Setelah anda menemukan ketiga gigi tersebut, jangan lupa menghafal posisi gigi agar pemasangan ulang tidak terbalik nantinya, terutama posisi gigi tengah.

 Nah sobat, setelah melepas semua gigi, sobat tinggal perhatikan gigi tengah dan gigi as puli. Biasanya yang jadi penyebab suara dengaung adalah kedua ausnya gigi tersebut. Jika suara dengung sangat keras, biasanya kita bisa dengan mudah melihat salah satu atau kedua bagian gigi aus atau habis alias rusak. Jika terdapat ciri-ciri ini, segera ganti bagian yang rusak tersebut.

Tapi agar hasilnya memuaskan, sebaiknya ganti kedua komponen tersebut dengan yang baru dan kualitas original biar lebih awet.


Bagaimana jika suara dengung hanya diputaran tinggi dan tidak keras?
 Nah untuk yang ini sobat bisa coba dengan hanya membalik gigi rasio tengah atau gigi penghantar, tapi ini hanya berlaku pada gigi hantar rasio skutik yang sama rata antara tampilan depan dan belakangnya ya, yang gigi hantarnya terdapat dua gir tidak bisa.

 Sebagai tambahan, jangan lupa untuk mengecek kondisi laher pada masing-masing gigi, jika ada yang oblak, ganti baru dengan melihat lebih dulu nomor serinya.

 Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Atasi Suara dengung Di Gearbox CVT Motor Matic"