Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Skir Klep, Cara Dan Tujuannya

 Sobat, berhubung lumayan banyak artikel saya tentang skir klep, salah satu contohnya di artikel "berbagai penyebab motor injeksi mogok", maka pada kesempatan ini saya akan coba menulis tentang apa itu skir klep, bagaimana caranya, serta apa tujuan dari dilakukannya hal tersebut pada sepeda motor. Ok dengan segala keterbatasan saya maka, dalam hal ini mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam penulisan ataupun pemahaman. Namun, saya akan mencoba menjelaskan sesuai apa yang saya ketahui, dan yang menjadi pengalaman pribadi.

Apa itu skir klep?

 Sebelumnya, pada mesin sepeda motor 4 tak itu terdapat klep atau biasa disebut katup alias valve. Klep terletak pada mesin bagian kepala silinder alias head. Nah, umumnya klep pada motor terdiri dari 2 buah yakni klep in dan klep out, tetapi saat ini klep sudah berkembang sehingga ada yang memiliki 4 buah seperti jupiter mx, ataupun suzuki satria f. Klep ini berguna sebagai pintu masuk bahan bakar dan gas yang disuplai karburator atau noksel pada injeksi. Sedangkan klep out, berguna untuk membuang gas hasil pembakaran menuju lubang exhaust atau knalpot. Jadi, fungsi klep sangat penting di ruang bakar dan mesin, yakni sebagai bagian dari proses pembakaran serta nyawa untuk menghidupkan mesin motor tersebut.
 Sedangkan yang dimaksud skir klep, atau dikenal dengan skur klep, adalah suatu proses untuk merapatkan kembali bagian klep dan seating (settingan) pada head. Mengapa hal itu dilakukan, sebab klep yang kurang rapat bisa menimbulkan kebocoran pada saat piston mengkompres bahan bakar dan gas di ruang bakar. Kebocoran ini dapat menimbulkan efek yang beragam, selain membuat motor susah hidup, mogok, hal ini juga bisa membuat sepeda motor kurang tenaga alias Ngeden.
 Definisi langkap tentang skir klep seperti ini:

Skir klep adalah proses kritis yang dilakukan oleh mekanik untuk menyelesaikan kebocoran pada komponen klep dalam mesin kendaraan dalam hal ini adalah mesin sepeda motor. Dalam konteks ini, skir klep melibatkan penyesuaian kembali posisi klep yang bersentuhan dengan kepala silinder mesin, bertujuan untuk mengatasi kebocoran di antara kedua komponen tersebut. Proses ini melibatkan pengulangan pengaturan posisi klep secara hati-hati oleh mekanik, seringkali dengan menggunakan cairan abrasif kental yang disebut 'amril' sebagai amplas untuk membantu penyesuaian. Tindakan ini bertujuan untuk mencapai kontak yang lebih baik antara klep dan kepala silinder, dan meniadakan celah yang bisa menjadi sumber kebocoran. Skur klep bukan hanya bertujuan mengatasi kebocoran yang dapat memengaruhi kinerja mesin, tetapi juga memastikan fungsi mesin optimal dengan tekanan yang terjaga.

 Baca Juga: Piston racing solusi buat dongkrak performa motor

Cara memeriksa kebocoran klep dan melakukan skir klep

 Sebenarnya, anda mungkin tidak perlu mengetahuinya, karena tinggal menyerahkan semuanya pada bengkel, namun bagi sobat yang ingin belajar dan menggeluti bidang ini mungkin perlu tahu bagaimana cara skir klep.
 Tentunya, bagian head pada mesin harus dibongkar terlebih dahulu, lalu melepas berbagai komponen termasuk klep. Jika sudah dilepas, tersisalah klep dan head saja yang bisa keluar masuk lubang setingan dengan bebas, maka selanjurnya anda tinggal merapatkan klep dengan cara sebagai berikut. Tetapi sebelumnya, perlu mengontrol apakah bagian klep tersebut bocor. Maka untuk mengetahuinya, lakukan cara sebagai berikut.

  1. Masukan salah satu klep ke dalam head, dan tahan jangan sampai jatuh.
  2. Tuangkan bensin dari lubang atas (jika klep in) dan dari lubang bawah/knalpot (jika klep out).
  3. Sambil menahan klep, lihat pada permukaan klep tadi, apakah ada bensin yang rembes, jika ada artinya klep bocor dan wajib di skir.
Cara skir klep.

1.Bahan

  1. Amril
  2. selang kecil yang bisa rapat dengan as klep
  3. bensin untuk mencuci klep
2.Cara
 Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni manual dan menggunakan bor. Tapi saya sendiri lebih suka manual sebab, skir bisa dilakukan dengan hati-hati dan hasilnya memuaskan serta jarang gagal misalnya bengkok.

 1. Manual
  1. Lumasi klep dengan amril, cukup lingkaran klep yang akan bersentuhan dengan settingan saja, juga sedikit saja.
  2. Masukan klep pada head, dan masukan selang dari as klep bawah
  3. Selanjutnya tinggal putar klep bolak-balik melalui selang tadi dengan kedua telapak tangan sampai kedua permukaann (klep dan seating) rata dan rapat. Cara mengetahuinya, sama dengan cara diatas yaitu mengecek klep bocor atau kurang rapat dengan menggunakan bensin.
 2. Menggunakan bor
 Caranya sama seperti manual, yang membedakan selang dimasukan ke bor untuk memutar klep dan membuatnya rapat. Cara ini harus benar-benar dilakukan dengan penuh perhitungan dan presisi.

 Selain 2 cara diatas, mungkin anda pernah melihat cara skir yang berbeda, seperti dilakukan dari atas klep (bukan dari ujung bawah). Namun pada intinya, maksud dan tujuannya sama, yakni meratakan klep dengan valve seat (setingan).

Manfaat dan tujuan
 Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, tujuan merapatkan klep kembali beragam, pertama tentu saja untuk merapatkan kembali kompresi. Sebab, kompresi kurang rapat pada klep ini dapat menimbulkan gejala beragam seperti performa menurun atau motor mogok. Dengan skir ini, maka hal-hal diatas yang terjadi akibat klep bocor bisa teratasi.
 Nah, sobat selain menunggu motor mengalami masalah seperti diatas, sebaiknya pemeriksaan terhadap klep ini dilakukan minimal 2 tahun sekali saat melakukan servis pada bagian mesin, seperti pembersihan kerak piston dan lainnya.
 Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Mengenal Skir Klep, Cara Dan Tujuannya"

Adya Razan Minggu, 09 Desember 2018 pukul 20.12.00 WIB Hapus Komentar
Ijin kutip gan, buat tugas sekolah, thanks nih ilmunya
Ate Breaker Selasa, 11 Desember 2018 pukul 00.05.00 WIB Hapus Komentar
silahkan