Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor Jadul Honda Dan Yamaha Ini Ternyata Masih Dijual

Motor Jadul Honda Dan Yamaha Ini Ternyata Masih Dijual

Atebreaker.net-Produsen motor seperti Honda dan Yamaha, telah lama menguasai pasar dengan selalu mencatatkan penjualan tertinggi di Indonesia. Berbagai inovasi produknya datang silih berganti, model lawas diganti dengan model baru, teknologi lawas ditingkatkan menjadi sebuah teknologi baru. Begitu juga dengan desain pada tampilan yang harus selalu mengikuti tren dan perkembangan zaman.

Ada banyak sekali motor yang sangat popular di indonesia pada masanya, namun harus berhenti diproduksi karena dianggap ketinggalan zaman. Lebih tepatnya mungkin sudah tidak Relate dengan selera orang Indonesia.

Tapi tahukah kamu, ternyata motor-motor legend yang sudah tidak dijual di Indonesia ternyata masih dijual di beberapa Negara. Motor apa saja, dan apa perbedaanya? Berikut beberapa motor yang sudah tidak dproduksi namun masih dijual di beberapa negara.

Mio sporty

Di Indonesia, Yamaha mio series tersisa pada mio m3 atau mio 125. Di philipina, mio varian lawas ternyata masih bertahan meskipun mio m3 juga ada disana. Adalah motor yang bernama mio sporty. Sesuai namanya, desain motor ini identik dengan mio lawas tapi desain khusus keluaran tahun 2008 atau sering disebut sebagai mio smile. Mio 2008 adalah generasi kedua yamaha mio dimana generasi pertamanya meluncur sekitar tahun 2003. Desain nampak identik jika dilihat di bagian depan. Di bagian belakang pun sama, bedanya hanya pada model lampu belakangnya saja, dimana mio sporty philipina ini mengadopsi desain lampu milik mio soul keluaran tahun 2009.

Motor Jadul Honda Dan Yamaha Ini Ternyata Masih Dijual

Tidak Cuma desain, urusan mesin juga mengadopsi mio lawas. Mesinnya dibekali 114CC SOHC berpendingin udara, dengan tenaga maksimalnya, diangka 5,7KW dan torsi puncak 7,2 NM. Meskipun hadir di masa kini, soal pengabutan bahan bakar juga belum injeksi, alias masih mempertahankan model karburator.

Soal pilihan warna, yamaha pilipina menawarkan dalam 4 pilihan, yaitu CYAN, magenta, Matte Black, dan Matte blue. 

Mio sporty di pilipina ini dijual pada harga 73.900 peso, atau sekitar Rp27.700.000.

Honda wave 110

Ada yang tahu honda supra fit? Supra fit hadir pada model awal di tahun 2001, dan mendapat penyegaran pada 2005 yang bertahan hingga masa produksinya berakhir, yaitu tahun 2009. Model generasi kedua inilah yang cukup banyak unitnya dan cukup populer di masanya.

Motor Jadul Honda Dan Yamaha Ini Ternyata Masih Dijual

Desain honda supra fit yang ramah usia ini masih dipertahankan dan di produksi di beberapa negara asean, diantaranya vietnam dengan penamaan kompak, honda Wave.

Khususnya di pasar vietnam, honda wave alias surpra fit ini masih memakai desain yang identik, mulai dari tampilan depan, hingga belakang. Perbedaannya terletak pada cover knalpot, dimana model lawas supra fit adalah knalpot tanpa cover.

Perbedaannya terletak pada mesin, jika supra fit mengandalkan kapasitas 100CC, honda wave sudah memakai basic mesin revo absolute, yaitu dapur pacu 110CC SOHC dan pendingin udara. Tenaga yang dihasilkan sekitar 6,12 KW, dengan torsi puncak 8,44 NM.

Urusan pengabutan  honda wave alpha masih mempertahankan model karburator. Tapi jangan salah, supra fit dikenal sebagai motor irit bahan bakar, dan hampir tidak ada bedanya dengan injeksi untuk urusan konsumsi bahan bakar.

Soal harga, honda wave alpha tipe klasik dijual dengan bandrol 18.939.273 VND atau setara hanya Rp12.000.000

T110 Crypton

Dari asean, kita beralih ke belahan bumi lain, yakni meksiko. Disana ada salah satu produk yamaha lawas yang masih eksis. Ada yang tau motor dengan model ini?

Motor Jadul Honda Dan Yamaha Ini Ternyata Masih Dijual

Dinamai T110 Crypton. Motor ini memakai desain motor bebek legenda yamaha, yaitu vega series keluaran tahun 2005 alias new vega R.

New vega R hadir dan eksis di indonesia sebelum era nya vega ZR, tepatnya sekitar tahun 2005-2007. Motor ini sangat dikenal dengan performa terbaik dikelasnya dan dikeluarga vega, juga dikenal dengan mesin yamaha yang bandel, beda dengan generasi berikutnya Vega ZR.

T110 Crypton di meksiko memiliki Desain yang terlihat sama persis dengan new vega R mulai dari desain lampu depan, hingga belakang, tak terkecuali di bagian mesin. Mengandalkan konfiguasi 110CC  SOHC berpendingin udara, dengan pengabutan sistem karburator. Mampu menghasilkan tenaga puncak 5,1 KW dengan torsi 7,9 NM.

Honda dream 125

Bagi yang masa mudanya disekitar tahun 2000an, tidak akan asing dengan motor Honda dengan desain ini. Inilah desain legendaris  motor bebek dari honda yang kepopulerannya masih dikenal hingga saat ini. Bahkan desain ini dipakai di motor bebek klasik honda super cub.

Motor Jadul Honda Dan Yamaha Ini Ternyata Masih Dijual

Di kamboja, model desain ini masih eksis dengan tampilan mirip Honda kirana, yang merupakan varian desain dari keluarga honda grand dan legenda. Di indonesia sendiri, honda kirana eksistensinya terbilang singkat, hanya diproduksi sekitar 2 tahun saja, tepatnya dari 2002-2004. Selain itu, peralihan selera dari desain honda grand ke supra x menjadi alasan pondeknya umur produksi honda kirana, padahal kala itu sudah menggunakan mesin 125CC.

Beda dengan di indonesia, ternyata honda kirana masih eksis hingga hari ini di pasar kamboja. Dinamai Honda Dream 125. Desainnya masih identik, mulai dari lampu depan, bentuk sayap, hingga  ke bagian belakang. 

Bagian Kaki-kaki masih mempertahankan model lawas, dengan rem tipe tromol dikedua roda dan velg jari-jari. Bagian unik lainnya yang masih nampak, adalah cover gir dan rantai.

Soal mesin, Honda dream dibekali mesin 125 CC, serta mengandalkan pengabutan tipe injeksi. Sedangkan Honda kirana kala itu masih mengandalkan karburator, karena kala itu system injeksi belum digunakan pada sepeda motor.

Perbedaan lainnya pada Honda dream adalah terlihat dari dasbor speedometer yang terlihat lebih informatif. Meski masih analog, tapi panel informasi semakin lengkap dengan keberadaan lampu gigi transmisi.

Soal harga, melansir dari tempo 2023, honda dream dijual pada harga Rp42.000.000, lumayan tinggi yah, untuk ukuran motor bebek. Tapi dari sisi grafis dan tampilan Dream 125 memang dibuat lebih terlihat mewah.

 

Posting Komentar untuk "Motor Jadul Honda Dan Yamaha Ini Ternyata Masih Dijual "